Maaf, blog ini telah beralih ke:
Naskah.web.id.
Terimakasih.
Follow Write Now

Senin, 19 Maret 2012

Ringkasan Materi + Soal - Soal Geografi




A. RINGKASAN MATERI

1. Pengertian Geografi
Geografi secara etimologi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Geo” yang berarti bumi dan “graphein “ yang berarti tulisan atau lukisan. Dari hasil lokakarya geografi di semarang tahun 1988 dihasilkan rumusan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfera dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan. Sedangkan menurut Prof.Dr.R bintarto geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat bumi, menganalisa gejala alam dan penduduk serta mempelajari obyek yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.

2. Pendekatan Geografi
a. Pendekatan Keruangan atau spatial
Pendekatan ini mendasarkan pada perbedaan lokasi dan sifat-sifat pentingnya seperti perbedaan struktur, pola, dan proses. Struktur keruangan terkait dengan elemen pembentuk ruang yang berupa kenampakan titik, garis, dan area. Sedangkan pola keruangan terkait dengan distribusi ketiga elemen tersebut.
b. Pendekatan Kelingkungan atau Ekologi
Pendekatan ekologi atau kelingkungan adalah pendekatan geografi yang menekankan pada interaksi organisme dengan lingkungan, serta fenomena yang ada dan juga perilaku manusia. lnteraksi antara prilaku manusia dengan lingkungnnya inilah yang menjadi ciri khas dari pendekatan ini.
c. Pendekatan Kompleks Wilayah atau Kewilayahan
Analisis kompleks wilayah merupakan perpaduan antara pendekatan keruangan dan kelingkungan. Pendekatan ini menekankan pada konsep areal differentiation, yaitu adanya perbedaan tiap wilayah yang mendorong terjadinya interaksi antara wilayah yang satu dengan wilayah lainnya.

3. Prinsip Geografi
a. Prinsip Penyebaran / Distribusi
Prinsip ini menerangkan bahwa persebaran fenomena geografi di permukaan bumi tidak merata. Misalnya, kesuburan tanah antara wilayah yang satu dengan wilayah lainnya tidak sama
b. Prinsip Interelasi
Manusia dan alam memiliki keterkaitan yang erat. Interelasi yang terjadi di alam dapat timbul antara alam dengan alam itu sendiri maupun alam dengan manusia. Misalnya, banjir bandang tenjadi akibat penggundulan hutan yang dilakukan oleh manusia.
c. Prinsip Deskripsi
Prinsip deskripsi merupakan prinsip yang menjelaskan berbagai fenomena alam maupun sosial yang terjadi di dunia. Pendeskripsian itu melalui fakta , gejala dan masalah, sebab akibat, secara kualitatif maupun kuantitatif dengan bantuan peta, grafik maupun diagram.
d. Prinsip Korologi
Prinsip korologi merupakan perpaduan antara prinsip penyebaran. interelasi, dan deskripsi suatu wilayah. Kondisi wilayah akan memberikan ciri khas pada kesatuan gejala, kesatuan fungsi, dan kesatuan bentuk.

4. Aspek Geografi
Keterkaitan geograti dengan berbagai disiplin ilmu yang lainnya dapat dibedakan menjadi aspek fisik dan sosial. Aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan semua fenomena alam yang dapat diamati secara langsung. Sedangkan aspek sosial meliputi aspek antropo!ogis, politis, ekonomis, dan aspek yang berhubungan dengan pola hidup manusia.

 5. Konsep Geografi
a. Konsep Lokasi
Meliputi lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi abssolut berkaitan dengan garis lintang dan bujur, sedang letak relatif sifatnya berubah-ubah berkaitan dengan keadaan sekitarnya.
b. Konsep Jarak
Menunjukkan adanya jarak antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.
c. Konsep Keterjangkauan atau accessibility
Menunjukkan keterjangkauan penduduk dalam memanfaatkan fasilitas pelayanan yang ada di suatu daerah.
d. Konsep Pola
Berkaitan dengan susunan, bentuk atau persebaran fenomena dalam ruang di permukaan bumi.
e. Konsep Morfologi
Menjelaskan bentuk-bentuk permukan bumi yang berbeda-beda.
f. Konsep Aglomerasi
Menjelaskan kecenderungan persebaran gejala geografi yang mengelompok pada suatu tempat.
g. Konsep Nilai Kegunaan
Berkaitan dengan nilai guna suatu wilayah. Tiap wilayah mempunyai potensi yang bisa dikembangkan sehingga nilai kegunaannya optimal.
h. Konsep Interaksi / Interdependensi
Interaksi merupakan hubungan saling membutuhkan. Setiap wilayah membutuhkan interaksi dengan wilayah lain untuk memenuhi kebutuhan.
i. Konsep Diferensiasi Areal
Menunjukkan bahwa antara satu tempat yang satu dengan tempat yang lain memiliki perbedaan.
j. Konsep Keterkaitan Ruang
Perbedaan potensi wilayah antara yang satu dengan yang lain akan mengakibatkan terjadinya interaksi.

B. CONTOH SOAL DAN PEMBAHASANNYA

1.      Di Jakarta kita mengenal adanya Kampung Ambon dan Kampung Melayu. Penamaan wilayah semacam mi juga terjadi di daerah lain. Jika ditelusuri asal muasalnya proses kejadian ini sesuai dengan konsep dasar geografi adalah …..(UN SMA 2007/2008)
A.    keterjangkauan
B.     nilai kegunaan
C.     pola
D.    aglomerasi
E.     diferensi area

Jawaban : D
Konsep aglomerasi menjelaskan adanya suatu fenomena yang cenderung mengelompok. Pengelompokan fenomena geografi yang sering dijumpai adalah pengelompokan penduduk, permukiman, industri dan kawasan perdagangan. Adanya kelompok penduduk Kampung Melayu dan Kampung Ambon di Jakarta merupakan contoh pengelompokan penduduk yang berasal dari daerah maupun suku yang sama.

2.       Fenomena alam dapat dikaji dan dijelaskan, karena adanya keterkaitan antara faktor yang satu dengan faktor lain, seperti terjadinya angin karena ada perbedaan tekanan udara. Dalam hal ini berarti kita menggunakan prinsip…..(UN SMA 2007/2008)
A. persebaran
B. interelasi
C. interaksi
D. deskriptif
E. korologi

Jawaban : B
Terdapat empat prinsip dalam geografi yaitu:
1). Prinsip Persebaran / Distribusi yaitu menjelaskan adanya persebaran fenomena geografi yang tidak merata di permukaan bumi
2). Prinsip Interelasi menunjukkan adanya keterkaitan antara faktor yang satu dengan yang lain misalnya keterkaitan manusia dengan lingkungannya
3). Prinsip Deskripsi berupa penjelasan mengenai fenomena geografi yang ada di permukaan bumi
4). Prinsip Korologi merupakan perpaduan antara prinsip persebaran, prinsip interelasi dan prinsip deskripsi.

3.      Penggundulan hutan di Tarnan Nasional Gunung Leuser telah mengakibatkan timbul bencana berupa banjir bandang dan tanah longsor, yang menimbulkan kerusakan alam dan merugikan kehidupan rnakhluk hidup yang ada di sekitarnya. Pendekatan geografi untuk membahas fenomena tersebut adalah …..(UN SMA 2008/2009)
A. pendekatan kompleks wilayah
B. pendekatan keruangan
C. pendekatan terpadu
D. pendekatan regional
E. pendekatan kelingkungan

Jawaban : E
Pendekatan geografi dibedakan menjadi tiga yaitu pendekatan keruangan, pendekatan kelingkungan dan pendekatan kompleks wilayah. Fenomena yang terkait dengan penggundulan hutan di Taman Nasional Gunung Leuser yang mengakibatkan bencana dan kerusakan paling sesuai dibahas dengan pendekatan kelingkungan karena pendekatan ini menekankan pada interaksi organisme dengan lingkungan, serta fenomena yang ada dan juga perilaku manusia.

4.      Pada tanggal 26 Desember 2006 telah terjadi gempa bumi dan gelombang Tsunami di Aceh. Ratusan ribu jiwa melayang, ribuan rumah hancur serta sarana dan prasarana transportasi rusak. Hal ini mengakibatkan pemberian bantuan serta upaya evakuasi korban terhambat. Konsep geografi yang berkenaan dengan pernyataan tersebut adalah….(UN SMA 2008/2009)
A. konsep aglomerasi
B. konsep keterjangkauan
C. konsep differensiasi area
D. konsep morfologi
E. konsep pola

Jawaban : B
Selain jarak, keterjangkauan juga berkaitan dengan kondisi medan. Semakin besar gangguan kondisi medan, keterjangkauan semakin kecil. Dengan rusaknya sarana prasarana transportasi merupakan kondisi medan yang membuat wilayah sulit terjangkau.

5.      Keterkaitan antara faktor yang satu dengan faktor lainnya dan terjadi di permukaan bumi serta tersebar tidak merata, dapat dipelajari dengan menggunakan prinsip ....(UN SMA 2007/2008)
A.    distribusi dan interaksi
B.    interelasi dan distribusi
C.    korologi dan keruangan
D.    deskripsi dan interelasi
E.     korologi dan dependensi

Jawaban : B
Dalam menjelaskan fenomena geografi terdapat empat prinsip yaitu prinsip persebaran, prinsip interelasi, prinsip deskripsi dan prinsip korolog. Keterkaitan antar faktor satu dan faktor lainnya merupakan prinsip interelasi sedangkan tersebar tidak merata merupakan prinsip persebaran.

C. LATIHAN SOAL

1.            Manakah yang menunjukkan Prinsip dan Konsep Geoorafi pada tabel di bawah ini?


Prinsip
Konsep
A
Morfologi
Korologi
B
Penyebaran
Lokasi
C
Keterjangkauan
Jarak
D
Interaksi
Interelasi
E
Pola
Deskripsi

2.      Di daerah dingin orang cenderung berpakaian tebal, hal ini berkaitan dengan konsep esensial geografi adalah... .(UN SMA 2007/2008)
A. jarak
B. letak
C. interelasi
D. aglomerasi
E. keterjangkauan

3.      Setiap musim penghujan di Jakarta dan sekitarnya sering terjadi banjir dan tanah longsor terutama di kawasan hilir Ciliwung. Untuk memecahkan masalah tersebut dalam studi geografi dilakukan dengan ....(UN SMA 2007/2008)
A. pendekatan keruangan
B. pendekatan ekologi
C. pendekatan kompleks wilayah
D. perndekatan regionalisasi
E. pendekatan kewilayahan


4.      Peristiwa lumpur Lapindo Sidoarjo menyebabkan nilai harga rumah mengalami penurunan dari nilai harga jual sebelum terjadi peristiwa tersebut. Hal itu sangat erat kaitannya dengan konsep esensial geografi yakni ….(UN SMA 2008/2009)
A. konsep jarak
B. konsep lokasi
C. konsep keterjangkauan
D. konsep pola
E. konsep morfologi

5.      Banjir dan tanah longsor terjadi di Solok Sumatera Barat. Untuk mempelajari banjir tersebut, seorang geograf menggunakan …….(UN SMA 2008/2009) .
A. pendekatan kelingkungan
B. pendekatan region
C. pendekatan kemanusiaan
D. pendekatan topik
E. pendekatan kronologi

6.      Daerah Istimewa Yogyakarta terletak pada 6°LS—9°LSdan 110°BT—111°BT. Hal ini berarti letak tersebut berdasarkan konsep…….
A. lokasi relatif
B. lokasi absolut
C. pola
D.jarak
E. keruangan

7.      Suatu wilayah belum tentu menguntungkan bagi penduduknya tetapi mungkin sangat bermanfaat bagi penduduk yang lainnya. Keadaan tersebut dipelajari menggunakan konsep…
A. lokasi
B. jarak
C. aglomerasi
D. nilai kegunaan
E. keterjaangkauan.

8.      Bencana alam berupa gempa bumi dan tsunami di Nangroe Aceh Darusalam merupakan gejala alam yang dapat dijelaskan menggunakan analisis geologi berupa pergerakan lempeng tektonik dan penjelasan-penjelasan proses terjadinya. Dalam hal ini merupakan contoh dari….
A. prinsip distnibusi
B. prinsip interelasi
C. prinsip deskripsi
D. prinsip korologi.
E. prinsip penyebaran

9.      Orang orang Eskimo atap rumahnya dibuat rendah tujuannya membuat suhu rumah tetap hangat walaupun berada di daerah kutub. Peryataan tersebut adalah contoh prinsip geografi, yaitu….
A. prinsi p spasial
B. pdnsip persebaran
C. prinsip korologi
D. prinsip interelasi
E. prinsip deskripsi

10.  Jika fenomena alam dan manusia diuraikan dan dijelaskan tersebar tidak merata, berarti kita menggunakan prinsip….(UN SMA 2007/2008)
A. distribusi
B. interelasi
C. deskripsi
D. korologi
E. korelasi
 

Author : Endah Sri Rahayu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Poskan Komentar