Maaf, blog ini telah beralih ke:
Naskah.web.id.
Terimakasih.
Follow Write Now

Selasa, 20 Maret 2012

Menghindari Ban Pecah Saat Berkendara



 

Sudah banyak angka kecelakaan yang memakan korban jiwa karena pecahnya ban saat berkendara. Mulai dari kendaraan ringan seperti mobil, sampai ke ke kendaraan berat seperti pesawat.

Penyebab pecahnya ban biasanya disebakan oleh panasnya ban digesek aspal ditambah keausan ban. Berikut tips-tips yang dapat anda lakukan untuk meminimalisir resiko pecah ban saat berkendara.
  • Pastikan tekanan angin pada ban tidak berlebih dan tidak juga kurang. Tekanan angin ban yang kurang dari standar akan menyebabkan ban kurang elastis dan terlalu tertekan oleh bobot kendaraan sehingga ban cepat aus.
  • Pastikan arah rotasi ( putaran ) roda sudah benar alias tidak terbalik, karena arah rotasi yang terbalik akan menyebabkan ban mudah selip dan juga mudah aus.
  • Jangan berkendara ngebut. Berkendara ngebut disiang yang panas akan menyebabkan ban bergesekan dengan aspal yang panas sehingga keausan ban lebih besar.
  • Jangan berbelok terlalu tajam, karena berbelok tajam dengan kecepatan yang relatif tinggi dapat menyebabkan tekanan berlebih pada ban depan saat berbelok.
  • Perhatikan muatan kendaraan anda. Jangan memuat sampai melebihi kapasitas. Berat kendaraan akan mempengaruhi pelebaran ban yang menapak aspal, sehingga ketika terjadi belokan akan menambah derajat putaran ban.
dikutip dari berbagai sumber
image: metroaktual.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar